Ojek online atau yang biasanya di sebut ojol, adalah jasa transportasi menggunakan sistem pesan segar online. Ojol sudah mulai booming sejak beberapa tahun terakhir.
Banyak yang senang menggunakan transportasi online ini karena praktis dan terbilang tarifnya lebih murah. Ojol pun mempunyai berbagai jenis jasa yang ditawarkan mulai dari mengantar penumpang, mengantar barang, dan juga mengantar makanan.
Tetapi saya disini ingin membahas tentang customer ojek online yang terkadang seenaknya memperlakukan driver ojol tersebut, terutama saat ia mempesan makanan.
Banyak sekali kasus ojol yang menjadi korban cuatumer yang sepertinya kurang berpendidikan sehingga tega membatalkan pesanan makanan yang telah dibeli oleh driver ojol.
Saya sendiri memiliki pengalaman yang saya lihat langsung. Karena saya bekerja part time di Hoka Hoka Bento, sewaktu itu saya melihat driver ojol memesan makanan untuk customernya, kemudian karena ramainya pesanan sehingga driver harus menunggu sedikit lama, dan driver pun bilang ke saya kalau customer mengcancel pesanannya.
Miris sekali saya melihatnya, terlebih driver tersebut sudah membayar pesanan yang harganya tidak murah, karena memang Hoka Hoka Bento termasuk restoran dengan harga makanan cukup mahal.
Saya melihat sekali raut kecewa bapak driver ojol itu walaupun akhirnya dia bilang ke saya "belum rejeki saya kali ya mbak, gpp deh saya bawa pulang aja makanannya".
Saya tidak habis pikir dengan customer yang tega mengcancel seperti itu, harusnya jika customer tersebut merasa terlalu menunggu lama bisa dibicarakan dengan baik baik oleh driver, tidak dengan cara yang seperti itu.
Kalau semisal customer memang tidak bisa menunggu lama sebaiknya tidak usah pesan makanan melalui online. Karena kita tidak pernah tau bagaimana keadaan tempat makan tersebut sedang sepi atau sedang ramai, kita tidak tau diperjalanan membeli makanan keadaan jalan macet atau lancar, kita tidak bisa seenaknya melakukan hal tersebut.
Seharusnya ada kebijakan khusus hukuman bagi customer yang melakukan cancel, semisal hukuman aplikasi ojek online nya tidak bisa digunakan selama beberapa bulan atau hukuman lain yang sekiranya akan membuat customer yang sering melakukan hal tersebut tersadar akan perbuatan yang dilakukan nya salah, dan dia pun akan kesulitan untuk tidak bisa menggunakan aplikasi tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar